MENGENAL DAN BELAJAR BAHASA PEMOGRMAN PHP - QOSRY

Saturday, October 12, 2019

MENGENAL DAN BELAJAR BAHASA PEMOGRMAN PHP


PHP pertama kali di buat oleh Rasmus  Lerdorf pada tahun1995, PHP atau singkatan dari Personal Home Page di ciptakan Rasmus  untuk web pribadinya. Namun ternyata banyak orang yang juga ingin menggunakan bahasa PHP ini.

Kemudian Ramus merilis kode sumber terbuka unutk PHP dan mengganti namanya menjadi PHP/FI akhirnya  para programer berlomba - lomba menggunakan bahasa pemograman ini.

Pengembangan pun terus di lakukan dengan di rilisnya PHP/FI versi 2.0  dengan mengimplementasikan interpreter PHP ke dalam bahasa C.

Pada tahun 1997 ada dua orang yang mengembangkan PHP bernama Zeev Suraski & Andi Gutmans kemudian membuat sebuah perusahaan bernama Zend Technologies (nama Zend di ambil dari gabungan nama mereka) mereka juga mengganti  nama PHP yang awalnya Personal Home Page menjadi PHP : Hypertext Preprocessor.

Pada Jun 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan model pemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman ke arah paradigma berorientasi objek.

Pada tahun 2008 PHP 4 diberhentikan pengembangannya dan perusahaan Web direkomendasikan untuk pindah ke PHP 5 karna ada gerakan yang namanya GoPHP5.

 Server web bawaan ditambahkan pada versi 5.4 untuk mempermudah pengembang menjalankan kode PHP tanpa menginstall software server. Versi terbaru dan stabil dari bahasa pemograman PHP saat ini adalah versi 7.0.16 dan 7.1.2 yang resmi dirilis pada tanggal 17 Februari 2017.

SELANJUTNYA:
1 Persiapan instal XAMPP di Windows.
2 Install Sublime Text sebagai Text Editor Sekarang
3 Mengenal SINTAKS pada PHP. Selanjutnya
4 Membuat Coment Pada PHP
5 Membuat Variabel Pada PHP
6 Mencetak Text di layar dengan Echo dan Print
7 Type data PHP
8 Operator Pada PHP


Untuk menyisipkan kode pendek, gunakan <i rel="code"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan kode panjang, gunakan <i rel="pre"> ... KODE ... </i>
Untuk menyisipkan gambar, gunakan <i rel="image"> ... URL GAMBAR ... </i>